Kegiatan Ekstra Kurikuler Mulai Digelar


         Yang menjadi salah kaprah sebagian orang tentang tujuan kegiatan ekstra kurikuler adalah mendidik dan mempersiapkan anak didik menjadi seorang profesional sesuai kegiatan ekstra yang diikuti,  Kegiatan ekstra tari misalnya, bertujuan mendidik siswa kedepannya menjadi penari profesional. Kegiatan ekstra melukis misalnya, bertujuan kedepan siswa menjadi pelukis yang handal, dan sebagainya. Namun bukanlah demikian. Makna yang demikian itu tidaklah benar.

       Kegiatan Ekstra Kurikuler merupakan kegiatan yang menitikberatkan pembinaan sikap dan perilaku serta karakter siswa melalui kegiatan yang disenangi sehingga siswa akan lebih serius dan mendalam sehingga hasil akan lebih maksimal. Sikap yang diharapkan muncul melalui kegiatan ekstra diantaranya adalah sikap disiplin, rasa ingin tahu, kreatif, dan lain sebagainya. 

       Sangat disayangkan jika siswa pasif dan tidak mengikuti salah satu kegiatan ekstra yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut kehilangan kesempatan emas yang seharusnya  ia jalani. Pengalaman dalam mengikuti kegiatan merupakan kesempatan yang ada dalam menumbuhkan sikap percaya diri, disiplin, rasa ingin tahu, dan sebagainya.

















 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar