Sekolah Dasar Tertua di Kabupaten Magelang

Sekolah Dasar Negeri Salaman 1 merupakan salah satu sekolah berusia tua di Kabupaten Magelang bahkan mungkin Jawa Tengah yang masih tegak berdiri. Walaupun secara yuridis tidak ditemukan surat akta pendirian maupun IMB-nya namun hal ini pernah ditemukan di salah satu tiang kayu jati yang bertuliskan tahun berdirinya yaitu tahun 1825.

Belum diketahui juga apakah ada sekolah lain yang berusia setua SDN Salaman 1, tetapi yang pasti buku induk sekolah sering dipinjam untuk pameran terutama oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang maupun Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Magelang. Baik pameran di lingkup Kabupaten maupun luar Kabupaten Magelang.

Usia sekolah yang sudah tergolong tua ini bisa dibuktikan dengan nomor induk siswa kala itu. Walaupun berdirinya tahun 1825 tetapi pembukuan bukanlah dimulai dari tahun tersebut. Tidak ada yang tahu pasti penyebab hal tersebut. Menurut stamboek, perjalanan sejarah sekolah dimulai tahun 1880. Sekolah ketika itu bertuliskan VAN DE LEERLINGEN VAN DE GOUVERNEMENT  INLANDSCHE SHOOL TK SALAMAN. Tahun 1929 berubah nama menjadi SEKOLAH GOUBERNEMENT. Tahun 1945 berubah lagi menjadi SEKOLAH RAKYAT, dan terakhir tahun 1961 berubah menjadi SEKOLAH DASAR.

Buku induk yang sekarang tersimpan di sekolah terdiri dari dua tahap. Tahap pertama ditulis mulai tahun 1880 dengan nomor induk 1, sedangkan tahap kedua ditulis mulai tahun 1949 juga dengan nomor induk 1. Tidak ada yang tahu juga apakah sebelumnya telah terbit buku induk yang belum tersimpan di sekolah yang kemungkinan rusak atau hilang.

Apakah SDN Salaman 1 merupakan sekolah tertua di Kabupaten Magelang atau Jawa Tengah bahkan Indonesia? Wallahu a'lam.

10 komentar:

  1. kok blum ad updatenya lagi bos?? ditunggu neh

    BalasHapus
  2. diupdate dong..
    alumni pengen tau kabar SD 1 sekarang

    BalasHapus
  3. sd 1 ga ada akun FB ato twitter gitu?
    biar para alumni antarangkatan bisa kumpul.
    dari alumni 2004

    BalasHapus
  4. Semoga semakin berprestasi

    BalasHapus
  5. Kalo ada waktu, tuliskan daftar alumninya.
    Saya mau jadi sponsor untuk ongkos ngetik, he he he

    Mahardi Sadono
    Bandung

    BalasHapus
  6. serasa bernostalgia. saya alumni dengan nomor induk 2324

    BalasHapus
  7. Keren Pak Tambahkan lagu mars SD Negeri Salaman 1

    BalasHapus