Membuat MOL dan Kompos

Back to nature merupakah istilah yang sering didengung-dengungkan di masyarakat. Hal ini dipraktekan juga oleh siswa kelas 4 dalam mengenalkan pupuk alami cair yang terbuat dari nasi sisa sehingga bisa memberi manfaat bagi tumbuhan. Pupuk cair yang sering disebut MOL (Mikroorganisme Lokal) ini relatif mudah dalam pembuatannya ini membutuhkan waktu yang tidak lama yaitu sekitar 30 menit saja. Waktu lama hanya ada para  menunggu proses fermentasi yaitu sekitar 7-14 hari. Itu pun hanya dibiarkan dan tidak dilakukan apa-apa.

Tantangan terberat pembuatan MOL ini bukannya pada kerumitan proses pembuatan tapi justru terletak pada kondisi pembuatannya yaitu seringnya merasa jijik karena harus meremas-remas nasi berjamur di dalam air. Bahkan dalam proses ini ada yang sempat muntah karena tidak tahannya terhadap kondisi tersebut.

Lebih lanjut, pupuk cair ini diproses kembali untuk mengfermentasi sampah organik menjadi kompos yang sangat dibutuhkan petani. Sampah yang berasal dadi dedaunan dan kulit buah dan sayur tersebut disiram dengan MOL hasil olahan kemudian disimpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan air hujan. Proses menyimpanan minimal 3 bulan dan dalam kondisi harus selalu lembab/basah.

Proses membuat MOL

























Proses membuat kompos



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar