Bantuan Korban Longsor Margola Salaman



 
              Datangnya musim penghujan tahun 2011-2012 ini menimbulkan berbagai bencana khususnya di Kecamatan Salaman. Berbagai antisipasi mungkin sudah dilakukan oleh masyarakat seperti pembuatan tanggul, sengkedan, dan lain-lainya. Tetapi siapa yang mampu melawan keganasan alam. Kejadian yang tidak kita kehendaki ini pun akhirnya tak mampu kita tolak.
Tanah longsor yang menimpa beberapa tempat di wilayah Kecamatan Salaman seperti Desa Ngargoretna. Desa Sriwedari, dan Desa Krasak menyisakan penderitaan bagi warga. Dari yang rumahnya sebagian saja terkena longsoran tanah sampai dengan rumahnya yang hampir habis tertimbun tanah. Namun apapun itu namanya, wargalah yang menderita.
Kejadian atau musibah yang menimpa sebagian warga di Kecamatan Salaman tersebut membuka mata bagi warga SDN Salaman 1 untuk sedikit meringankan beban mereka dengan mencoba mengumpulkan bantuan berupa uang yang kemudian dibelanjkan dalam bentuk kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan mie instan. Uang yang terkumpul sejumlah 911 ribu tersebut habis dibelanjakan untuk kebutuhan tersebut.
Bantuan yang diantar langsung oleh sebagian siswa dan guru pada 29 Pebruari 2012 tersebut hanya ditujukan ke salah satu desa saja yaitu Dese Ngargoretno mengingat terbatasnya bantuan. Bantuan yang berupa beras 7,5 kg, mie instan 12 bungkus, dan minyak goreng 1 liter dalam setiap paketnya (10 paket) diberikan langsung kepada sebagian warga yang terkena musibah maupun melalui Kades mengingat lokasi yang tidak mungkin dijangkau.
Bagi siswa SDN Salaman 1, kegiatan pengumpulan data tersebut merupakan pembelajaran positif untuk menumbuhkan sifat sosial  di tengah-tengah kondisi jaman yang semakin apatis dan kekurangpekaan terhadap lingkungan. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilanggengkan demi menumbuhkan karakter bangsa yang diharapkan.

Pengumpulan dana di sekolah







Menimbang beras








Menurunkan bantuan


Bersama Sekdes













 Diterima simbolis oleh Sekdes


















Diterima warga yang terkena musibah
 Berada di salah satu lokasi longsor















Tidak ada komentar:

Posting Komentar