Pengenalan Kerelawanan (Mananam Pohon)

       Pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini mengharuskan  kita selalu proaktif mencari moment yang tepat minimal hanya sekedar mengenalkan terlebih melaksanakan. Dalam hal ini SD Negeri Salaman 1 yang memang sudah didaulat sebagai sekolah berkarakter juga harus berani, tidak sekedar slogan untuk selalu mencari celah yang dapat digunakan sebagai penerapan pendidikan karakter tersebut.

       Salah satu pendidikan karakter yang dikembangkan di SD Negeri Salaman 1 adalah sikap kerelawanan yang dituangkan dalam sebuah komunitas KOWAC (Komunitas Relawan Kecil). Walaupun dalam KOWAC belum ada kegiatan yang bersifat rutin dilaksanakan, namun minimal keberadaan KOWAC sudah memberikan motivasi tersendiri bagi siswa dalam bersikap. Sedangkan kegiatan yang sering dilaksanakan hanyalah kegiatan yang bersifat insidental.
       Keikutsertaan KOWAC untuk yang pertama kali diluar sekolah adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekolah Gunung dalam mengurangi resiko bencana dengan kegiatan menanam pohon bersama, Sabtu 11 Nopember 2017 di desa Ngargoretno Desa Meroreh, Kecamatan Salaman, Magelang. KOAC merupakan satu-satunya sekolah dasar yang ikut dalam kegiatan tersebut. Dalam Kegiatan tersebut paling tidak sesuai dengan usia dan tenaganya, adalah mengenalkan sikap kerelawanan. Sedangkan sikap nyata, KOWAC bersama komunitas lain melaksanakan penanaman pohon, KOWAC sendiri menanam pohon yang relatif dapat terjangkau yaitu dipinggir-pinggir jalan.






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar